Sunday, February 10, 2008

Leadership

Apa itu leadership? Kata sebagian orang leadership adalah kemampuan memimpin anak buahnya menuju satu tujuan (vision). Ada juga yg bilang kemampuan untuk mewujudkan hasil dengan bantuan anak buahnya. Banyak lagi arti dari leadership, tidak kurang banyaknya pula buku mengenainya.

Saya punya definisi saya sendiri untuk leadership. Definisi yg terinspirasi dari buku "the art of war" karya Tzun Zu. Pada intinya saya bagi kemampuan seorang manager / executive menjadi 2. Leadership dan Managerial skill. Dengan mampu mengatur sumber daya, waktu dan biaya dengan baik maka anda layak mendapatkan "gelar" manager yang baik. Tapi itu saja tidak cukup untuk mendapatkan gelar leader yang baik.

Bagi saya leader yang baik adalah seseorang yang mampu membuat anak buahnya mati bahagia dalam perang.

Kata dalam perang menyatakan ada tujuan / vision bersama yang ingin diwujudkan. Artinya tidak hanya asal kerja, tapi kerja yang terarah. Tugas seorang leader lah menentukan objective suatu peperangan, menentukan "akhir" suatu perang yang notabene harus diterima menjadi tujuan bersama. Jadi tugas pertama seorang leader adalah menentukan tujuan yang diterima dan diyakini bersama.

Bagian kalimat kedua adalah "mati bahagia". Bagian ini ingin menunjukkan bahwa leader yang baik harus mampu merangkul anak buahnya untuk berjuang bersama. Tidak sekedar berjuang sendiri-sendiri tapi berjuang demi tujuan yang satu. Lebih dari itu seorang leader harus mampu menggelorakan semangat berkorban dari anak buahnya. Sehingga kalaupun mereka harus berjuang habis-habisan demi tujuan itu mereka tetap bahagia.

Dalam konteks dunia nyata saya mencoba menciptakan "mati bahagia" dengan menumbuhkan kebanggaan terhadap tujuan bersama yg ingin diraih dan tim yg dimiliki. Anak buah harus bangga dengan misi yg diemban dan juga rekan sekerjanya. Mereka harus terus diingatkan akan misi mulia mereka, dan betapa mereka bekerja dengan rekan sekerja yg tak kalah hebatnya. Hal ini mendorong mereka untuk terus berprestasi dan tidak merasa puas dengan achievement mereka

No comments: