Friday, February 08, 2008

Great start lead to great achievement

Pagi ini saya membaca di Kompas mengenai service dari Anna Kournikova, bukan service dalam arti layanan, tapi saat main tenis. Menurut artikel tersebut dengan makin canggihnya peralatan tenis sekarang maka kecepatan bola makin menggila, dan service menjadi sangat penting. Apabila service tidak kuat, tajam dan dahsyat maka kekalahan bisa di ambang mata.

Konon kabarnya pula Anna K di saat cederanya melatih servicenya. Walau karena absennya ini peringkatnya turun (masih dalam 10 besar dunia) tetapi begitu dia kembali lagi servicenya nyaris tidak terkalahkan. Tiger Wood juga absen 1 tahun untuk melatih pukulan drive-nya (pukulan awal dalam Golf). Ketika dia kembali dari absen selama 1 tahun itu dia kembali menjadi tidak terkalahkan, lebih dari sebelumnya.

Awal yang baik bisa menjadi indikator akhir yang menakjubkan, atau prestasi yang briliant. Memang benar proses menentukan juga, tapi awal yang baik sudah 20-30% kemenangan. Dalam hal sekolah misalnya, sekolah dasar yang baik cenderung membawa kita ke sekolah sekolah kemudian yang baik pula. Pada akhirnya mungkin membawa kita ke pekerjaan dan hidup yang baik pula. Karir juga demikian, apabila kita tidak dengan sepenuh hati membangun karir kita dari awal maka sulitlah kiranya untuk membangunnya nanti di kemudian hari.

Awal yang baik tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Lihat perjuangan Anna Kournikova, lihat pula perjuangan Tiger Wood. Sering kita tergoda dengan "mikir buat yang sekarang saja lah", membatasi masa depan kita dengan tindakan yang hanya menguntungkan (baca: enak buat dikerjakan) saat ini saja.

So, salah satunya adalah : ayo awali hari dengan suka cita dan penuh semangat, walau hari ini adalah HarPitNas (hari kejepit nasional) yang cenderung punya konotasi "hari tidak produktif". Semangat !!!!

No comments: