Tuesday, February 12, 2008

Dream, think big, start small

Seringkali meeting panjang berakhir dengan retorika, atau dengan kesimpulan bahwa tindakan yang seharusnya diambil tidak bisa dilakukan. Bukan karena tidak bisa, tapi hanya saja karena apa yg harus dilakukan kompleks, sampai sampai kita tidak tahu harus mulai dari mana. Pada akhirnya kita tidak pernah memulai.

Saya belajar bahwa manusia pada dasarnya takut atau enggan menghadapi perubahan. Baik belajar dari pengalaman saya ataupun belajar dari hasil ulasan training change management. Otak manusia memang di desain untuk tidak nyaman dengan perubahan.

Tapi bukan berarti kita tidak bisa membuat perubahan bukan? Saya sederhanakan dalam kalimat yg selalu saya ulang pada anak buah saya "Dream, Think Big, Start Small". Semuanya dimulai dari keberanian bermimpi. Keberanian untuk memikirkan hal yg tidak kita rasa bisa diwujudkan sekarang. Seorang pemimpin harus memulai dengan menjadi pemimpi.

Setelahnya kadang kita stop karena merasa mimpi itu terlalu jauh. Tapi saya bilang jangan stop, coba sederhanakan sebisanya. Coba berpikir secara system. Coba merasionalkan tanpa kehilangan mimpi kita. Coba untuk "think big".

Dan yang terpenting setelah think big adalah memulainya. Seperti semboyan terkenal dari produsen Nike "just do it". Tapi resourcenya masih kurang, plannya masih belum lengkap, dst. Seorang leader harus bisa merasakan apakah ini memang belum siap, atau hanya takut untuk memulai. Start simple, start small, start dengan sesuatu yg resikonya relatif kecil. Buatlah small victory dan pembuktian bahwa mimpi awal itu bisa terwujud.

So start your day dengan berpikir "Dream, Think Big, Start Simple"...over and over again. Good night to you all...


@MotoQ9h

No comments: