Wednesday, October 24, 2007

Loyalty

Hari ini aku beserta anak buahku keluar kota untuk membuat strategi tahun depan. Lokasi luar kota dan suasana yang berbeda memang efektif, diskusi lebih cepat "panas" dan juga lebih produktif dibandingkan dengan di kantor. Well, mungkin karena pikiran tidak tertutup dengan hal-hal operasional. Plus di dukung suasana yang lebih relaks mungkin ya.

Satu anak buahku kebetulan baru saja istrinya melahirkan anak pertama-nya. Aku cukup memaklumi bahwa meninggalkan anak istrinya di rumah bukanlah hal yang mudah. Plus dia kebetulan belum memperoleh suster yang bisa membantu istrinya, walau orang tuanya tinggal satu rumah. Aku belajar satu hal yang namany loyalty kepada pekerjaan darinya kali ini. Bahwa above all pekerjaan memang ada waktunya dan keluarga juga ada waktunya sendiri. Kemampuan seorang leader yang baik adalah salah satunya menentukan kapan saat yang tepat. Kapan keluarga menjadi hal yang penting, dan kapan pula pekerjaan menjadi hal yang lebih di dahulukan.

Ada hal lain yang aku pelajari, bahwa memang benar karakter dan kebiasaan seseorang dalam bekerja, demikian pula etosnya akan sangat dipengaruhi lingkungannya. Apabila orang yang sama di letakkan di lingkungan yang tidak memiliki etos kerja tinggi dan semangat loyalitas kepada pekerjaan yang tinggi, maka niscaya kita sulit mengharapkan dia berperilaku seperti diatas. So peranan kita sebagai leader adalah salah satunya memberikan contoh bahwa loyalitas itu perlu, dan etos kerja harus dijunjung. Contoh dan bukan teori yang akan mengajarkan kepada mereka bagaimana kerja harus dijalani. Bukan pula training dan celotehan panjang yang akan mengubah sikap mereka dalam bekerja, tapi contoh nyata dan ajakan hangat kepada mereka. Kebanggaan yang ditumbuhkan setiap mereka melakukan hal yang benar juga seharusnyalah dipupuk dari waktu ke waktu. Kebanggaan bahwa mereka bisa berbeda dibandingkan yang lain dalam artian positif. Kebanggaan bahwa mereka bisa menjadi panutan dan contoh bagi yang lain.

Happy working...dan selamat jadi leader yang lebih baik lagi esok hari. G'nite....

No comments: