Tuesday, October 09, 2007

Casing buat CPU

Wah ini menarik nih, hari ini jadi moderator buat proyek inovasi anak buah ku. Kebetulan mereka mau memecahkan masalah CPU yang ada di ruang produksi. Masalahnya tuh karena ruang produksi kita itu sangat sangat sangat berdebu gula, so CPU dalam waktu singkat udah lengket lengket dalamnya, ya dalamnya = motherboard, processor, memory, dll.

So kita coba desain suatu casing untuk CPU itu. Setelah pembicaraan yang panjang dan penuh dengan ide timbul beberapa concern dan solusinya :
  1. Casing dibuat prototype nya dulu dari bahan yang bisa di re-use di pabrik. Wah ngirit tuh lumayan kan. Dibuat dari kayak papan tripleks gitu dalam ukuran sekitar 10-15 cm mengelilingi CPU.
  2. Nah supaya ada aliran udara maka dibuatlah lubang input dan output untuk air flow. Nah berhubung suhu CPU sangat bergantung pada airflow ini maka perhitungannya harus pas nih. Tapi berhubung kita punya keterbatasan resource untuk melakukan riset, so kita pakai asumsi. Asumsi yang kita gunakan adalah luasan lubang input / output harus minimal 2 kali lipat dari yang ada di CPU. So let say CPU biasa memiliki daerah input 100 cm2 maka di casing ini paling tidak harus ada lubang sebesar 200 cm2. Kenapa? Karena kita akan menggunakan filter yang notabene akan mengurangi airflow.
  3. Nah supaya debu gula tidak masuk ke dalam casing ini (yang berarti tidak menyelesaikan masalah) maka digunakanlah filter. Ide awalnya untuk filter ini macem - macem. Dari sekedar kain, kain kasa, kain kasa basah, kapas, dll. Tapi kayaknya kita mau coba pakai ide dari filter air yang berlapis. So kita susun tuh filter dari kasa nyamuk-kain kasa berlapis-kasa nyamuk-kain kasa berlapis-kasa nyamuk lagi. Nah filter ini kita bikin removable, so kapan aja kotor bisa di cuci, jemur dan gunakan kembali. Praktis hehehe
  4. Kalau untuk output airflow nya kita gunakan kipas dengan putaran RPM yang tinggi - lebih tinggi dari putaran RPM kipas yang ada di CPU. So let say putaran RPM di CPU itu 200 rpm, maka untuk casing ini digunakan asumsi 2 kali lipatnya, misalnya 400 RPM. Hehe jangan tanya kenapa asumsinya 2 kali ya, nah yang itu yang harusnya via riset. Tapi gak ada waktu dan resource. So pakai asumsi dulu deh, trial aja.

Anak buah ku pada senang sekali nampaknya dengan proyek ini. Well kasusnya menarik dan solusinya bisa dikerjakan, so nampaknya akan terus menjadi proyek yang menarik nih....tetap semangat !!!!

No comments: